Wednesday, October 14, 2015

Sederet Manfaat Prebiotik dalam Susu Pertumbuhan Bagi Anak


susu pertumbuhan
Friso Indonesia

Susu pertumbuhan anak sebaiknya mengandung prebiotik ya, moms. Salah satu manfaat prebiotik dalam susu pertumbuhan adalah mengoptimalkan fungsi saluran pencernaan anak. Karena manfaatnya yang penting tersebut, usahakanlah memberikan susu yang mengandung prebiotik untuk menunjang pertumbuhan anak Anda.

Manfaat prebiotik dalam susu yang dikonsumsi untuk mendukung pertumbuhan bayi penting agar anak terhindar dari sembelit. Prebiotik yang sering ditambahkan dalam susu adalah  FOS dan GOS yang berfungsi untuk membantu mempercepat pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan anak. Kedua unsur di atas sering dimasukan dalam susu pertumbuhan karena perpaduan keduanya juga efektif dalam memperkuat daya tahan tubuh secara alami.

Manfaat senyawa prebiotik dalam susu pertumbuhan disebut sebagai efek bifidogenik yaitu menstimulir pertumbuhan bifidobakteria dan laktobasili pada saluran pencernaan anak. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 menunjukkan bahwa pemberian susu pertumbuhan dengan campuran GOS atau FOS sebanyak 0,4g/100ml atau 0,8gr/100ml yang dilaksanakan secara teratur selama 28 hari menunjukkan hasil positif. Feses anak-anak yang mengikuti penelitian di atas terbukti mengalami peningkatan bifidokateria dan laktobasili.

Dengan kata lain, manfaat penambahan prebiotik dalam susu pertumbuhan mendekatkan kualitas susu tersebut dengan kualitas ASI. Hal ini terbukti dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 yang menunjukkan bahwa komposisi mikroorganisme dalam feses anak-anak yang mengonsumsi ASI menyerupai feses anak-anak yang mengonsumsi susu formula yang mengandung prebiotik.

Manfaat senyawa prebiotik yang dimasukkan dalam susu pertumbuhan juga bagus untuk memperbaiki konsistensi feses, mengurangi risiko infeksi saluran pencernaan, saluran pernapasan, dan penyakit kulit pada bayi. Selain itu, prebiotik dalam susu pertumbuhan juga bermanfaat untuk menekan pertumbuhan bakteri yang merugikan, membantu penyerapan makanan menjadi lebih baik, dan meningkatkan daya tahan saluran pencernaan.

Manfaat lain dari prebiotik yang tak kalah pentingnya adalah membantu kadar gula darah pada penderita diabetes, menekan peningkatan kadar kolesterol, dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium. Banyaknya manfaat prebiotik dalam susu pertumbuhan, tapi tidak semua susu menambahkan kandungan ini. Moms bisa mengetahuinya dari informasi pada kemasan susu pertumbuhan.

No comments:

Post a Comment